Jumat, 15 Juni 2012

MEDITASI SESUAI WATAK


MEDITASI SESUAI WATAK

Oleh : sunaryo


manusia memiliki watak berbeda-beda yang kesemuanya ada tujuh macam. watak merupakan pembawaan yang dihasilkan oleh karmanya. orang yang ingin bermeditasi bila obyek meditasinya tidak sesuai watak dirinya maka akan sulit untuk berkonsentrasi.
watak manusia secara umum dibedakan menjadi tujuh buah, ada yang kuat dan ada yang merupakan campuran beberapa watak. berikut ini macam-macam watak manusia dan obyek meditasi yang cocok dari 40 macam obyek meditasi smatha bhavana
.

1. Ragacarita (kenafsuan)
mereka yang berwatak seperti ini sangat sensitif terhadap nilai-nilai keindahan dan keharmonisan, mudah terpengaruh oleh kecantikan wanita atau ketampanan pria, juga akan keindahan musik, literatur, dan lain-lain, yang pada umumnya memuaskan nafsu indera.
dalam memenuhi nafsunya orang berwatak ragacarita akan melakukan apa saja.
orang berwatak ragacarita bilabermeditasi hendaknya memilih obyek salah satu dari 10 Asubha dan Kayagatasati.
10 asubha merupakan sepuluh obyek yang menjijikkan dan berupa mayat.
10 Asubha adalah dengan melihat perkembangan mayat, mulai dari mayat masih baru, membengkak, pecah, bernanah, berbelatung, sampai hanya tinggal tengkorak saja.
Kayagatasati merupakan perhatian terhadap badan jasmani dengan memperhatikan badan jasmani ini tidak indah dan tidak menarik yang hanya merupakan kumpulan dari macam-macam unsur yang sangat menjijikkan
.

2. Dosacarita (membenci)
watak dosa carita pada umumnya mudah tersinggungoleh masalah sangat kecil sekalipun dan juga mudah bosan, jenkel, kesal, marah, cemburu, iri hati, membenci dan dendam.
orang dengan watak dosacarita akan nampak selalu marah, tidak ramah kepada orang lain, sehingga tidak suka bersahabat atau mendekati orang lain. watak dosacarita bilabermeditasi watak yang cocok ada 8 buah, yaitu 4 kasina warna (merah, putih, biru, kuning) dan 4 appamana/Brahmavihara (metta, karuna,mudita, upekkha)
.

3. Mohacarita (ketidaktahuan)
orang yang berwatak mohacarita ditandai dengan kurangnya kekuatan kecerdasan yang harus diimbangi dengan usaha belajar dan mendekati serta meminta penjelasan orang-orang mulia yang berpengetahuan lebih baik. orang berwatak mohacarita biasanya berperilaku konyol, karena tindakannya yang nampak tidak wajar. obyek yang cocok untuk orang berwatak mohacarita adalah anapanasati (memperhatiak pernafasan). memperhatikan keluar dan masuknya nafas.

4. Vitakacarita (khawatir) 
orang berwatak vitakacarita pikirannya sering tidak terkendali atau kacau, sering cemas akan kesukaran-kesukaran,mudah sekali merubah prinsip, sehingga berperangai sebagai orang yang tidak punya pendirian tetap. orang seperti ini sulit dipegang pernyataannya,sebab ia selalu nampak gelisah, takut dan tidak tenang. obyek yang cocok untuk orang berwatak mohacarita adalah anapanasati (memperhatiak pernafasan). memperhatikan keluar dan masuknya nafas.

5. Saddhacarita (mudah percaya)
mudah percaya merupakan tanda kurangnya kecerdasan. Segala sesuatu yang didengar walaupun belum jelas asal-usulnya ia akan mudah percaya begitu saja dan diterima seperti sudah terbukti. sehingga orang berwatak saddhacarita mudah sekali tertipu. orang berwatak sepertiini dalam meditasinya mengembangkan obyek 6 Anussati(perenungan), yatu perenungan tentang Buddha, Dhamma, Sangha, Sila, Caga, dan Devata.
                                              
6. Buddhicarita (intelek)
kecerdasan tidak selalu menjadi kuntungan. kelebihan darinya dapat menjadi suatu kerugian apabila tidak disertai sikap batin yang pantas atau tidak berdasar pada pengetahuan benar.
kelbihan tersebut justru bisa menyeret kedalamjurang pandangan salah. orang berwatak seperti ini akan selalu menolak pandangan atau informasi yang kurang masuk akal.
dia akan selalu menganggap pandangan dirinya yang paling benar. obyek yang cocok untuk orang berwatak ini adalah maranasati (perhatian terhadap kematian), upasamanussati (perenungan tentang ketenangan), aharepatikkulasanna (perenungan terhadapkejijikan makanan), catudhatu-vavatthana (analisa empat unsur pembentuk tubuh).

7. Sabbacarita (campuran/kombinasi dari 6 watak)
tipe ini dapat berwatak intelek, mudah marah, nafsu besar, bodoh, mudah percaya, atau khawatir. obyekmeditasi yang cocok adalah 6 kasina (pathavi,apo, tejo, vayo, akasa, aloka) dan 4 Arupa (Akasanancayatana, vinnanancayatana, Akincannayatana, N'evasanna N'asannayatana).

Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar